Temukan Cantikmu dari Hati

13694307_10207652763529935_1875852716_o
Foto by @apriej

#CantikDariHati adalah bagaimana kamu bersiap dengan dirimu sendiri yang apa adanya. Dan jangan berhenti untuk mencari ‘ada apanya’ dengan kamu!

Saya percaya, bahwa menjadi cantik adalah menjadi diri sendiri. Jauh sebelum saya dapat menuliskan kalimat pertama ini, saya beranggapan bahwa cantik adalah mereka yang foto wajahnya dicetak ratusan halaman di majalah. Poster-poster. Iklan-iklan kosmetik.  Apa yang saya anggap cantik-dahulu tidaklah melulu benar, walau memang benar adanya. Tapi, itu bukanlah saya. Saya, bukanlah yang itu.

Kalau begitu, apakah saya tidak cantik?

Salah seorang dosen saya bilang, “temukan cantikmu!.” Yup, menjadi cantik adalah upaya membenahi diri untuk melakukan hal-hal baik disekitar kita. Ubah cara pikir kita, sebab cantik tidak melulu perkara fisik 🙂 Yang terpenting adalah, pancarkan kebaikan untuk orang-orang di sekitarmu. Karena kebaikanmu akan memancar sebagai kecantikanmu yang datang dari dalam hati.

Untuk memancarkan #CantikDariHati, saya lebih sering fokus pada hal yang baik. Berkat ajakan salah seorang teman, saya berkesempatan bermain bersama adik-adik dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), di Jl. Percetakan Negara IX No. 10A Rawasari. Sewaktu mendapat ajakan ini, saya sedang tidak fit. Tapi, melewatkan ajakannya juga tidak akan membuat saya membaik bukan 😀

Bermain bersama anak-anak bukanlah hal yang asing untuk saya, sebab setiap minggunya kegiatan saya diisi dengan berlatih teater dengan anak-anak. Tapi, bermain dengan anak-anak yang mengidap kanker tentu lain cerita. Sore itu, ketika saya tiba di YKAKI, anak-anak sudah berkumpul untuk membuat craft mahkota dari kertas. Tanpa risi, saya bergabung bersama salah satu kelompok anak-anak yang sedang membuat mahkota dibantu oleh pendampingnya.

Ada perbedaan mencolok untuk mengetahui anak yang mengidap kanker, mereka berkepala plontos. Ya. Saya tidak bercakap-cakap tentang kanker yang mereka lawan. Kami bermain saja, memilah-milah mana bentuk, warna dan desain yang menarik untuk desain mahkota yang sedang dibuat.

IMG_4327IMG_4323

Mahkotanya sudah selesai. Hore ~~

IMG_4333

Mahkota sudah selesai. Tapi acara bermain belom dong 😀 Masih ada satu sesi permainan lagi: menari! Yeay, mereka lucu sekali. Beberapa anak diminta naik kepanggung untuk menari bersama teman-temannya, mereka bersemangat sekali ketika menari. Lihat bagaimana mereka menari:

 Anak yang tumbuh sehat adalah idaman setiap keluarga Setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak memperoleh perawatan serta pengobatan yang sebaik-baiknya. — ini adalah komitmen YKAKI.

Ini pengalaman yang menarik untuk saya, bagaimana belajar dari anak-anak yang hidup dengan kanker. Melihat mereka bermain, semacam bercermin untuk diri sendiri. “Apakah kamu akan selalu mempermasalahkan bentuk postur tubuh kamu?!.” Tidak ada yang sempurna, namun percaya bahwa kesempurnaan itu bisa kita dapat dengan selalu bersyukur 🙂

#CantikDariHati adalah bagaimana kamu bersiap dengan dirimu sendiri yang apa adanya. Dan jangan berhenti untuk mencari ‘ada apanya’ dengan kamu! 😀 Terus sebarkan inspirasi kebaikan yang datang dari hati. Mengulang yang dibilang dosen saya, ” temukan cantikmu!.”

With Love,

Milli

BANNER BLOG WRITING-01

Leave a Reply

