Artikel · Fashion · Lifestyle

Stylish dengan Budget Minimal

Holla Beauty Readers,

Ceritakan pada saya bagaimana kalian menahan diri untuk tidak berbelanja? Tapi, jika itu sebuah pertanyaan yang sulit, saya akan mengajukan pertanyaan lain. Bagaimana caranya untuk selalu berpenampilan stylish tanpa harus merogoh kantong hingga bolong dan menjaga tagihan kartu kredit dengan aman?

“Gue sekarang lagi suka belanja barang-barang preloved atau memburu garage sale untuk mendapatkan baju-baju bagus dan harganya murah,” jawab Lintang. Malam itu saya bertemu Lintang untuk sekedar mengobrol di Warung Mee Mee. “Gue beli kalung ini seharga IDR 20.000,- doang. Harga aslinya bisa lebih dari IDR 100.000,- lho,” lanjut Lintang sambil menunjukan kalung yang dipakainya.

Menurut Lintang, berbelanja pakaian di garage sale harus diperhatikan kualitasnya juga. “Pakaian dengan kondisi bagus dan brand yang terkenal bisa dijual dengan harga dibawah IDR 100.000,- sedangkan harga barunya lebih dari IDR 300.000 -IDR 500.000,- di mall.” Perempuan yang kini disibukan dengan pekerjaannya di Imfact Factory menyarankan, “Hindari membeli barang KW untuk berbelanja di garage sale.”

Dimanakah tempat berbelanja barang-barang preloved atau garage salle bisa kita temui? “Gue seringnya di instagram atau di Carousell, aplikasi baru yang digarap sama anak muda untuk tempat jual beli barang-barang preloved. Lo harus lihat Carousell,” seru Lintang. “Sekarang, gue lagi nyari backpack untuk traveling nih garage sale hahaha,” selorohnya lagi. “Jadi lagi sering-sering stalking akun instagram untuk update dimana yang lagi garage sale backpack,” pungkasnya.

 

Dunia yang maha luas ini tidak hanya dihuni oleh Lintang, ada Connie. Perempuan asal Padang yang ternyata baru kali pertama belanja barang-barang di garage sale karena ajakan Lintang!

“Hahahaha nagih.!”

“Enggak ada rencana belanja, gue hunting aja yang lucu-lucu. Cek brandnya apa, harganya pas, beli! tutur Connie, menceritakan pengalamannya berbelanja pakaian di carousell yang saat itu tengah garage sale off line di Pasar Santa.

Tidak hanya pakaian yang bisa kita beli garage sale, kalian penggemar make up juga bisa membeli perlengkapan make up preloved. Menurut Kania, belanja make up preloved lebih mudah dan praktis dengan online shop via instagram.

“Gue sering beli make up di instagram, lebih prefer untuk make up seperti bedak atau foundation seringnya skin care,” tutur Kania seorang beauty blogger. “Tapi, gue akan beli di online shop yang trusted. Sebelumnya, gue akan cek dulu testimoni costumernya dan memastikan produknya original,” jelasnya.

Bagai dua sisi mata uang, online shoping ada plus minusnya juga. Tak terkecuali untuk barang-barang yang disale preloved.

“Gue pernah beli make up palette MAC yang harganya lumayan via instagram, ketika barangnya datang sudah pecah berantakan. Gue gak tahu, apakah barangnya memang rusak dari si penjual atau diperjalanan. Ketika gue coba konfirmasi, penjualnya menghilang dan sulit dikontak” ungkapnya.

Nama Kania tercatat sebagai Sephora IDN Beauty Influencer, ia juga menjual beberapa barang preloved di akun istagramnya @makeupbykania.

Anyway, saya tidak membayangkan bagaimana jika saya berhenti belanja selama satu tahun. Apakah saya akan terlihat dengan gaya yang out off date? Saya selalu penasaran untuk melakukan hal itu 😀 Jika kamu pernah menonton film Confessions of a Shopaholic yang dirilis pada tahun 2009, Sophie Kinsella mengatakan begini:

“Shopping is actually very similar to farming a field. You can’t keep buying the same thing, you have to have a bit of variety. Otherwise you get bored and stop enjoying yourself.” ― Sophie Kinsella, Confessions of a Shopaholic

Dan saya terlanjur mengikuti racun Lintang untuk melihat Carousell, dan lihatlah apa yang saya dapat dari Carousell:

Carousell (1)

Blus rajut bergaya mississippi ini saya dapat dengan harga IDR 60.000,- tidakah ini modelnya unik, beauty people? Saya tidak mungkin menahan godaannya.

Beberapa dari teman saya tidak merekomendasikan untuk membeli lipstik preloved, karena tidak cocok. Saya memilah lipstick mana yang bisa dibeli dengan preloved, jika pemakaian tidak terlalu sering dan kondisi 90% maka saya akan membelinya! Apalagi, jika harga lipsticknya lumayan. Seperti yang satu ini:

Dose of Colors Matte Liquid Lipstick

Biasanya, mereka yang menjual lipstick adalah para make up artist yang memiliki produk banyak atau yang beli tapi warnanya enggak cocok. Kan dari pada dianggurin mending dijual 🙂

Lintang dan Connie adalah provokator terdahsyat ketika mendapatkan Mini Overalls ini di off line garage sale carousell Pasar Santa. Saya sedang bokek padahal, tapi Lintang bersedia membayarkannya dulu kemudian diganti bulan depan 😀

www.inimilli.wordpress.com (4)

So, beauty people apakah kalian memiliki pengalaman berbelanja pakaian dan lainnya di garage sale? Jika belum, cobalah sesekali 😀 See you,

With Love,Milli

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Stylish dengan Budget Minimal

  1. kalo gw tipe yang ga usah punya banyak yang penting kualitas bagus. i have one dress yang udah +/- 3 tahun dan masih bagus banget walaupun pas beli pertama kali harganya lumayan. Untuk produk skincare/makeup gw menghindari beli 2nd karena biasanya harganya beti sama BNIB dan concern masalah hygiene.

    Like

    1. Yes. Beda-beda banget kan Vit, Hahaha, gue mah gak mau rugi anaknya.

      Kalau makeup banyak yang prinsipnya sama, enggak mau bekas. Tapi, kalau anggapan gue sik make up #preloved itu sebagai make up sisa. Kalau bekas kan udah dipakai trus dipakai lagi kayak baju gitu 😀 😀 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s