#WomenRideSafe, Trend Berkendara Aman Bagi Perempuan

Hi hi Beauty Readers,

Apa kabarnya? Saya berharap kalian dalam keadaan baik 🙂 Kali ini saya absen dulu update tentang lipstick ya :). Saya punya informasi yang penting banget untuk kalian ketahui.

Awal November lalu, saya mendapatkan undangan makan siang dari Queenrides bersama puluhan blogger perempuan di Jakarta. Queenrides adalah start up social enterprise berbasis teknologi, yang berbentuk platform online dan offline untuk perempuan pertama di dunia yang dibangun dengan tujuan memberdayakan perempuan agar sadar pentingnya berkendara aman.

Sejak Januari 2016 hingga hari ini (awal November), dengan pengelolaan bisnis yang professional dan tanpa donasi, Queenrides sudah memiliki lebih dari 200 ribu komunitas online offline tersebar di seluruh Indonesia. Queenrides juga sudah mengadakan 15 kali aktifitas offline mengedukasi sekitar 1000 perempuan. Dari yang semula hanya lingkup kecil, Queenrides terus bergerak menjangkau lebih banyak perempuan dengan mengadakan edukasi Office to Office bahkan Mal to Mal.

Dalam kesempatan siang itu, Mbak Iim Fahima Jachja sebagai founder dari Queenrides dengan santai mendiskusikan perihal movement yang akan digelar oleh Queenrides dalam waktu dekat yakni #Womenridesafe.

Menurut Mbak Iim, ” Womenridesafe adalah movement yang bertujuan untuk mengempowere seluruh perempuan di Indonesia untuk lebih cermat, cerdas dan baik dalam berkendara. Movement ini tidak hanya ditargetkan untuk perempuan yang berkendara, namun semua perempuan!,” jelasnya.

final-facts-05

Beauty readers, sebagai informasi berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Queenrides, 80% perempuan Indonesia berkendara untuk mencari nafkah bagi keluarga. Salah seorangnya barangkali adalah kamu, kamu dan saya.

“Survey yang menunjukan 80% itu terjadi bukan dikalangan rural, tetapi di kalangan menengah perkotaan,” ungkap Mbak Iim. Nah!

final-facts-03

“Movement ini enggak melulu menyasar kalangan menengah, tapi dengan kita menyebarkan movement ini, diharapkan orang akan melihat, terlibat dan bergabung untuk mempermudah kita mengajak kalangan bawah,” harapnya.

Ini serius beauty readers, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan kecelakaan lalu lintas yang tertinggi di dunia. Setiap 1 jam, 3 orang meninggal dunia di jalan akibat kecelakaan. Dalam tiga tahun terakhir, jumlah pengendara perempuan baik motor maupun mobil meningkat hingga sekitar 42%, Sementara angka kecelakaan yang melibatkan perempuan bermotor meningkat hingga 49,5% (data Korlantas 2014). Artinya, angka pertumbuhan kecelakaan melaju lebih cepat dibanding angka pertumbuhan pengendara.

final-facts-02

“Kita semua belajar untuk melihat data sebagai data. Kecelakaan tidak bisa dianggap sebagai hal yang biasa, karena dibalik kecelakaan yang terjadi adalah keluarga yang kesusahan, ada anak-anak yang terlantar, ada roda ekonomi yang mendadak berhenti,” lanjut Mbak Iim menjelaskan hal yang melatarbelakangi pentingnya movement yang akan digelar oleh Queensrides.

Well, apa yang disampaikan oleh Mbak Iim, betul adanya. Ini bikin saya ngangguk-ngangguk sendiri, kenapa? Sebab saya adalah bagian dari salah seorang pengendara perempuan yang enggak aman! Kenapa? Karena saya enggak tahu, selain SIM apalagi yang harus dimiliki agar berkendara aman?. Banyak.

final-facts-08

“Bukan berarti movement ini tidak menyentuh rural, kita sedang menciptakan trend terlebih dahulu di kalangan menengah. Kelak, kita akan sama-sama mengumbar gerakan ini ke kalangan rural. Jika movement ini dimulai dari rural dan yang ditampilkan adalah hal yang kumuh, kusut, kotor akan sulit mendapatkan support dari kalangan menengah,” tegas Mbak Iim.

final-facts-07

Yuk jadi bagian dari movement ini dan belajar safety riding bersama ratusan ribu perempuan lain? kamu bisa daftar disini! dan jadilah bagian dari trend berkendara aman bagi perempuan 🙂

See you at #womenridesafe yang akan digelar Minggu, 20 November 2016 Jam : 13.00 – 16.30 WIB di JJ Royal Bistro, Senayan City Mall, Jakarta. Baca  info lengkapnya disini beauty redears, tempat terbatas! With Love,Milli

 

Advertisements

3 thoughts on “#WomenRideSafe, Trend Berkendara Aman Bagi Perempuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s